Virtual Tour Bakal Berjalan Terus Setelah Pandemi Gak Ya?

Di saat pandemic Covid – 19 mulai melanda Indonesia di bulan Maret 2020 kemarin, semua tempat wisata yang ada di Nusantara pun ditutup demi bisa mencegah penyebarannya.

Di saat itu vaksin Covid – 19 masih belum ada dan belum tersedia. Masyarakat yang sekarang ini sudah mau pelesiran lalu mulai beralih ke alternative yang lain yaitu dengan ikut virtual tour atau tur virtual.

Virtual tour sendiri merupakan sebuah kegiatan wisata yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah terlebih dahulu dikarenakan para peserta tur bisa jalan – jalan dengan virtual.

Kegiatan ini pun biasanya memakai platform Zoom dengan pemandu. Kepala Dinas Pariwisata yang ada di Kalimantan Timur atau Kaltim yang bernama Sri Wahyuni berkata bahwa kegiatan tur virtual yang sampai sekarang masih ada dan sampai sekarang akan jadi sebuah kebutuhan di pasca pandemic Covid – 19.

“Tetap jadi kebutuhan di masa depan dikarenakan wisatawan sudah bisa mendapatkan pengalaman terlebih dulu. Saat akan berkujung, sudah mendapatkan gambaran.” Ungkap Sri.

Ia juga mengatakan tentang hal itu di dalam sebuah webinar dengan judul “Human Capacity Development as the Key for Inclusive Tourism” pada hari Kamis 18 November 2021.

Dengan ikut kepada tur virtual ke sebuah destinasi wisata, maka para masyarakat juga akan diberikan informasi mengenai deretan akivitas wisata yang bisa dilakukan.

Selain itu, mereka juga sudah mendapatkan sebuah gambaran mengenai kondisi dari destinasi wisata yang sedang dikunjungi di waktu yang lain.

“Mereka mempersiapkan diri serta lebih punya kepercayaan apakah benar ini merupakan destinasi dari wisata yang akan dikunjungi, apa saja yang harus dipersiapkan, mereka bisa bertanya.” Ucap Sri.

Bukan hanya itu, menurut dirinya tur virtual juga berbeda dari video – vide dengan scenario yang bisa dilihat di YouTube.

“Tur virtual ini kelebihannya terdapat pada karena langsung on the spot walaupun di dalam bentuk video namun tak dibohongi atau pengalaman yang ditampilkan. Jadi kepercayaan dari para calon wisatawan juga akan lebih kuat.” Ucapnya.

Sepanjang pandemic Covid – 19 ini berlangsung, sebagian besar dari para pelaku industry pariwisata juga mulai beralih ke pada tur virtual agar mengajak para masyarakat untuk jalan – jalan ke berbagai macam destinasi wisata.

Destinasi wisata yang dikunjungi juga bukan hanya di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Tempat yang dikunjungi juga tak terbatas.

Galeri Nasional yang lokasinya ada di Jakarta Pusat, salah satunya pernah mengadakan sebuah tur virtual yang gratis di tanggal 23 Juli 2021 dalam rangka untuk merayakan Hari Anak Nasional.

Lalu, ada perusahaan operator dengan nama Main Outdoor yang pernah mengadakan sebuah tur virtual mendaki Gunung Rinjani di tanggal 30 Mei 2020.

Virtual Tour Bakal Berjalan Terus Setelah Pandemi Gak Ya?
Kembali ke Atas